Agustus 4, 2020 Yuk Mengenal Teknologi Layanan Jaringan Lebih Dalam

Yuk Mengenal Teknologi Layanan Jaringan Lebih Dalam

Kecanggihan teknologi yang berkembang pesat saat ini sangatlah membantu kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Saat ini, kita juga ikut terbantu dengan adanya teknologi layanan jaringan sehingga kita bisa berkomunikasi jarak jauh dan bisa mengakses internet dengan mudah.

Namun, apakah kalian sudah tahu banyak mengenai teknologi ini? Kalau belum, yuk simak di bawah ini.

Apa Itu Teknologi Layanan Jaringan?

Teknologi layanan jaringan merupakan teknologi yang dirancang dan dibangun untuk untuk melayani pengguna yang menggunakan berbagai macam perangkat yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk membangun dan merancang sebuah jaringan yang sangat efektif. Kehadiran jaringan tersebut diperlukan untuk suatu standar agar menjamin compatibility, interoperability hingga kinerja yang disyaratkan secara ekonomis.

Standar tersebut bersifat terbuka dan dibutuhkan untuk melakukan interkoneksi antar sistem, antar perangkat, maupun sistem jaringan yang berasal dari vendor dan operator yang berbeda.

Teknologi layanan jaringan merupakan sistem yang memiliki materi standarisasi, dimana yang menjadi ukuran standarnya ada di dalam protocol.

Protocol tersebut merupakan suatu aturan yang bersifat mengatur atau memberikan izin saat terjadi hubungan komunikasi dan saat terjadi proses perpindahan data antar lebih dari satu computer.

Protocol ini bisa diterapkan di dalam perangkat lunak, perangkat keras, maupun perangkat yang menjadi kombinasi antara keduanya.

Tapi, dalam tingkatan rendah biasanya protocol ini akan digunakan oleh perangkat keras saja. Dalam penggunaan standar teknik, kehadiran protocol sangat diutamakan.

Hal ini diperlukan untuk menspesifikasi bagaimana membangun computer atau menghubungkannya pada peralatan perangkat keras.

Secara umum, protocol digunakan sebagai komunikasi real time dengan menggunakan standar tertentu untuk mengatur setiap struktur dari informasi dalam penyimpanan jangka panjang.

Karena itu, sangat sulit untuk melakukan generaliser terhadap protocol. Hal ini disebabkan karena protocol memiliki banyak variasi dalam setiap penggunaannya.

Tujuan penggunaan protocol ada berbagai macam, diantaranya:

  • Melakukan proses deteksi terhadap adanya ada atau tidaknya koneksi fisik yang terhubung dengan komputer atau mesin lainnya.
  • Melakukan metode dalam proses jabat-tangan
  • Melakukan proses negosiasi dalam berbagai macam karakteristik yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
  • Melakukan proses pengaturan untuk mengawali dan mengakhiri suatu pesan atau sinyal.
  • Melakukan proses pengaturan untuk melakukan format pesan yang digunakan.
  • Melakukan penentuan langkah atau tindakan ketika terjadi kerusakan pada pesan atau ketika pesan tidak sempurna.
  • Melakukan proses deteksi untuk mengetahui terjadinya kerugian yang berhubungan pada jaringan juga akan melakukan tindakan sebagai solusinya.
  • Digunakan untuk mengakhiri setiap proses dari suatu koneksi yang sebelumnya telah berjalan.

Bukan hanya di Indonesia, teknologi layanan jaringan ini juga telah digunakan oleh negara-negara lainnya.

Hal ini disebabkan karena teknologi ini merupakan teknologi komunikasi dan sata internasional. Di mana terdapat banyak sekali badan ataupun organisasi yang ikut menangani standarisasi teknolog komunikasi pada data internasional.

Setelah dimanjakan dengan layanan teknologi jaringan seperti sekarang ini, kalian pasti setuju bahwa teknologi layanan jaringan merupakan teknologi yang sangat penting untuk berkomunikasi, terutama dalam melakukan komunikasi jarak jauh.

Dan ternyata, ada 3 teknologi yang diperlukan dalam kelancaran komunikasi lewat jaringan komunikasi, yaitu Transmisi yang membawa informasi antar endpoints dalam suatu sistem atau jaringan, switching yang menghubungkan panggilan, dan signalling yang memungkinkan posisi entitas berada pada suatu jaringan.

Itulah informasi lengkap mengenai teknologi layanan jaringan yang selama ini kita gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *