Agustus 12, 2020

Yuk Ketahui Apa Itu Teknologi Jaringan Nirkabel

Generasi tahun 80 hingga 90 an pasti ingat bahwa untuk menelpon seseorang saja harus menyediakan uang koin dan menunggu antrian di telepon umum.

Atau, ada juga yang memilih untuk menelpon seseorang di wartel (warung telepon). Karena, tidak semua orang memiliki fasilitas telepon rumah di kediamannya masing-masing.

Semua kisah itu berbeda sekali dengan masa kini, karena untuk menelpon atau melakukan komunikasi jarak jauh, tinggal menggunakan smartphone / gadget maupun PC.             

Panggilan yang bisa dilakukan pun bukan hanya lewat suara saja, melainkan juga bisa melalui video call.

Ini semua terjadi akibat teknologi jaringan nirkabel yang berkembang pesat hingga sekarang. Lalu, tahukah kamu apa itu teknologi jaringan nirkabel?

Apa Itu Teknologi Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel atau wirelss network merupakan teknologi komunikasi yang menggunakan media tanpa kabel untuk bisa saling terhubung.

Jaringan nirkabel sering digunakan oleh jaringan komputer untuk jarak dekat maupun jauh. Untuk jarak dekat, biasanya digunakan sebagai alat pemancar Bluetooth.

Sementara untuk jarak jauh, biasanya digunakan sebagai satelit. Keberadaan dari teknologi jaringan nirkabel sangat erat hubungannya dalam bidang teknik komputer, teknologi informasi dan juga telekomunikasi.

Karena, saat ini penggunaan jaringan nirkabel sangat populer dan sudah banyak digunakan karena dianggap lebih praktis dan instan dibandingkan dengan penggunaan jaringan dengan kabel seperti zaman dulu.

Saat ini, kita semua sudah mengenal dan telah menggunakan jaringan nirkabel, sehingga ada banyak pihak yang memanfaatkan teknologi jaringan ini untuk diterapkan sebagai bisnis yang menjanjikan.

Lalu, apa saja sih contoh dari teknologi jaringan nirkabel itu sendiri? Yuk simak di bawah ini,

1.Wireless Fidelity (WiFi)

WiFi merupakan suatu teknologi yang menggunakan peralatan elektronik sebagai alat penukar data secara nirkabel melalui jaringan komputer dan koneksi internet dalam kecepatan tinggi.

WiFi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang paling banyak digunakan saat ini oleh masyarakat. Karena, fasilitas WiFi telah tersedia di banyak tempat, mulai dari café, restoran, hotel, department store, barbershop, hingga warung-warung kecil.

Cara kerja dari sinyal WiFi tidak terhubung dengan transfer data. Pasalnya, kekuatan sinyal WiFi dipengaruhi oleh kuat lemahnya kemampuannya ketika terhubung dengan suatu jaringan.

Keunggulan WiFi adalah mudah diakses dan dapat memberikan koneksi yang cepat. Akan tetapi, keberadaan dari WiFi seringkali dapat mengganggu perangkat komunikasi lainnya, seperti komunikasi radio siaran yang aktif dalam frekuensi yang sama.

Jaringan nirkabel WiFi terbentuk dalam komposisi yang sesuai, yaitu dengan perlengkapan yang biasa digunakan untuk mengaktifkan media komunikasi WiFi.

2.Wireless Local Area Network (WLAN)

WLAN merupakan sebuah teknologi jaringan nirkabel yang termasuk dalam cakupan area yang bersifat lokal, seperti di dalam satu bangunan atau gedung.

3.Wireless Wide Area Network (WWAN)

WWAN adalah salah satu contoh sekaligus jenis jaringan nirkabel yang dapat dijangkau untu area yang luas, seperti kota maupun negara.

Biasanya, penggunaan WWAN atau Wireless Wide Area Network dilakukan dengan menggunakan beberapa antenna maupun satelit.

4.Wireless Personal Area Network (WPAN)

WPAN adalah jaringan nirkabel yang hanya bisa digunakan atau bisa dijangkau melalui area yang dekat saja, contohnya seperti infrared (Infra Merah) dan Bluetooth.

Itulah pengertian serta beberapa contoh dari teknolog jaringan nirkabel yang sudah kita gunakan dan manfaatkan selama ini. Teknologi tentu saja akan terus berkembang pesat di dunia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *