Oktober 7, 2020 Teknologi Canggih Yang Sudah Diramalkan di Film

Teknologi Canggih Yang Sudah Diramalkan di Film

Science fiction menjadi salah satu genre film yang banyak digemari. Pasalnya, film-film ini fipercaya telah memprediksi beragam teknologi canggih di masa depan.

Beberapa film jadul juga telah memprediksi beberapa teknologi canggih yang kini sudah ada di sekitarmu. Tentu saha saat ini film tersebut tayang saat belum ada teknologinya.

Biasanya genre film science fiction ini mengambil setting di masa depan saat manusia sudah hidup dengan berbagai hal super canggih dan keren.

Teknologi Canggih Yang Pernah Muncul di Film jadul

Jauh sebelum berbagai teknologi saat ini diciptakan dan dinikmati, dulunya teknologi ini sudah diperkenalkan melalui berbagai film dengan genre science fiction.

Salah satunya adalah teknologi mobil tanpa pengemudi. Jauh sebelum diciptakan sekarang ini, teknologi yang keren tersebut pernah muncul di dalam film Total Recall pada tahun 1990.

Dalam adegan Arnold Schwarzenegger, terlihat mobil yang dikendarai oleh robot bukan lagi oleh manusia.

Lalu apalagi teknologi keren yang pernah muncul di film? Berikut tim HiTekno rangkum beberapa di antaranya.

1.Ponsel

Ada penampakan ponsel yang terlihat di dalam film  Star Trek yang tayang tahun 1960. Hal ini memang menjadi prediksi paling jitu yang pernah muncul di film.

Beberapa tahun kemudian, bahkan hingga sekarang, ponsel seperti merupakan salah satu industry yang tak pernah mati.

Salah satu pencipta ponsel, Martin Cooper mengaku dirinya terinspirasi dari film Star Trek saat para kru pesawat tersebut sedang menggunakan ponsel. Ia lalu menciptakan ponsel pada tahun 1983.

2.Video Call dan Tablet

Pada tahun 2001, film A Space Odyssey memperkenalkan dua teknologi yang saat ini sudah taka sing lagi, yaitu Video call dan tablet.

Di beberapa adegan dalam film tersebut, sang actor terlihat menggunakan tablet untuk berkomunikasi dan melakukan video call. Mungkin saja pembuat tablet dan video call terinsirasi dari film jadi ini.

3.Gesture-based Interface

Smartphone saat ini sudah menggunakan gesture-based interface yang memungkinkan penggunanya untuk menggeser, menggerakkan layar smartphone.

Jauh sebelum ini, teknologi ini sudah dikenalkan pada film tahun 2002 berjudul Minority Report. Dalam film tersebut, terlihat Tom Cruise mengoperasikan perangkat elektronik hanya melalui gestur tangan.

Kabarnya, untuk memperkenalkan teknologi ini, Steven Spielberg selaku sutradara perlu melakukan riset mendalam mengenai hal ini.

4.Virtual Reality

Sama dengan smartphone, virtual reality saat ini juga begitu diminati. Berbagai perusahaan mencoba untuk menciptakan teknologi satu ini. Sebelumnya, tahun 1995 teknologi virtual reality sudah diperkenalkan dalam film berjudul Johnny Mnemonic.

Dalam film tersebut, Keanu Reeves terlihat menggunakan kacamata seperti virtual reality sambil tangannya mengarahkan sesuatu. Sama persis seperti penggunaan virtual reality saat ini kan?

5.Smartwatch

Episode “Lisa’s Wedding” (1995) dari serial kartun The Simpsons bercerita tentang Lisa Simpson yang akan menikah. Pada episode itu tunangan Lisa menelpon menggunakan jam tangannya.

Kemudian 19 tahun setelah episode tersebut tayang, tepatnya pada tahun 2014, Samsung mengeluarkan gawai smartwatch (Galaxy Gear) seperti yang ada pada episode The Simpsons.

Itulah 4 teknologi canggih di masa kini yang pernah diramalkan oleh film film jadul. Kalau kalian penasaran dan kurang percaya, kalian bisa emncoba menontonnya langsung. Karena, selain seru, film film di atas juga sangat mengedukasi loh.

Nah, untuk kalian yang mungkin sudah pernah menonton, apakah kalian menyadari teknologi teknologi yang muncul seperti di atas? Bisa saja si pembuat film memang terinsirasi dari teknologi tersebut. Bagaimana menurutmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *