November 17, 2020 TEKNOLOGI BIONIK DI KEHIDUPAN NYATA

TEKNOLOGI BIONIK DI KEHIDUPAN NYATA

Saat sedang menonton film action atau sci-fi tentunya kita akan disuguhkan dengan kehebatan teknologi-teknologi canggih di dalamnya. Meskipun kita akan berpikir bahwa itu teknologi yang ada di film-film tersebut gak mungkin ada di dunia nyata karena terlalu canggih. Namun kita pun gak bisa pungkiri apakah teknologi tersebut akan benar-benar ada di masa yang akan datang atau tidak.

Nah kembali lagi ke topik yang bakal kita bahas kali ini, ternyata di dunia nyata pun sudah ada teknologi yang bisa membantu dalam aktivitas manusia loh. Bahkan sangking hebatnya dibuat seperti robot namanya adalah teknologi bionic. Apasih teknologi bionik itu? jadi teknologi ini sengaja dibuat untuk menggantikan bagian tubuh manusia dengan mesin, hal ini biasanya dikembangkan untuk keperluan media dan gak sembarang orang bisa memakainya.

Buat yang penasaran, langsung saja yuk kita bahas satu persatu apa saja sih tekonologi bionic yang sudah dibuat?

1.Rex

Teknologi bionic pertama ini bernama Rex, yang dibaut menyerupai manusia. Semua organ yang ada pad adi teknologi ini memiliki sistem kerja yang sama seperti organ manusia, bahkan terdapat otak dan hingga tulangnya pun dibuat serupa.

TEKNOLOGI BIONIK DI KEHIDUPAN NYATA

2.Robotic Exoskeleton

Robotic Exoskeleton

Teknologi ini diciptakan untuk penderita lumpuh. Alat ini akan berkerja dan membantu manusia dalam berjalan dan dibuat dengan 3D sehingga mirip seperti robot. Alat ini juga akan menopang tubuh manusia agar bisa berdiri sempurna.

3.Tangan Palsu

Tangan Palsu

Selanjutnya ada teknologi yang dibuat untuk pengganti tangan setelah amputasi. Teknologi ini dilengkapi dengna indera peraba, jadi setiap orang yang memakainya bisa merasakan suhu, tekstur dan sentuhan, namun tangan palsu ini masih berada di proses pengembangan pada seorang pasien sebagai percobaan apakah terasa atau tidak. Ada pula tangan palsu lainnya yang bertujuan untuk pasien agar membantu ia dalam mengiperasikan handphone. Walaupun belum kebayang bagaimana sistem kerjanya, tapi tangan bisa didukung oleh 24 perintah yang bisa otomatis bergerak.

Lalu ada juga tangan palsu yang memiliki mobilitas paling tinggi yang sangat karena sangat terliat fungsinya secara jelas yaitu bisa untuk hand shaking dan juga menggenggam botol minum. Tangan multifungsi ini bisa ditekuk dan bisa juga diluruskan.

4.Jantung buatan

Jantung buatan

Meski tak ada yang bisa membuat organ tubuh apapun selain Tuhan, namun teknologi yang satu bisa sangat bisa membantu manusia dalam bertahan hidup. Jantung buatan ini di buat sangat mirip, dari mulai ukuran hingga cara kerjanya. Bahkan katanya jantung buatan ini bisa menyelamatkan nyawa manusia dan sudah terbukti bisa membantu agar tetap hidup.

5.Kaki palsu

Kaki palsu

Teknologi ini dibuat untuk bisa menopang badan sehingga manusia yang memakainya bisa bergerak seperti robot. Bahkan penemu sepatu ini sekaligus dipakai olehnya juga loh. Kaki palsu ini dibuat sangat lentur dan juga sangat kuat dalam menopang.

6.Implan Retina

Implan Retina

Alat ini bisa membantu dalam penglihatan manusia, walaupun tak secara sempurna setidaknya mereka yang memakainya bisa secara jelas melihat dan sudah digunakan lebih dari 100 pasien di dunia

Itulah 6 teknologi bionic yang ditujukan untuk membantu manusia yang kurang beruntung. Semoga dengan adanya alat-alat seperti ini, mereka-mereka diluar sana bisa merasakan secara jelas apa yang kita rasakan menjadi orang normal. Alat ini juga sebagai tanda kepedulian terhadap sesama. Dan bila ini diperjual belikan, semoga gak terlalu mahal ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *