Robot Delta, Hasil Karya Warga Surabaya Untuk Bantu Warga Yang Isoman

Robot Delta, Hasil Karya Warga Surabaya Untuk Bantu Warga Yang Isoman – Warga Jalan Tembok Gede III di Kota Surabaya, Jawa Timur, sukses merakit “Robot Delta” yang bertugas menyemprotkan disinfektan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Nama robot tersebut diambil dari COVID-19 Varian Delta yang belakangan meluas dan meresahkan warga. Delta adalah varian baru yang pertama kali muncul di India dan sangat menular. Varian Delta ini menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia pada gelombang kedua.

Pandemi membikin banyak warga terinfeksi virus corona. Warga yang terinfeksi tapi tanpa gejala atau gejala ringan, terpaksa mesti menjalankan isoman di rumah. Hal itu membikin mereka tak dapat keluar rumah untuk membeli makan atau kebutuhan lainnya.

Robot Delta

Dengan adanya robot yang dirakit secara swadaya dan autodidak oleh warga RT 3 RW 2. Karenanya, bisa mengurangi interaksi warga dengan pasien COVID-19 guna meminimalisir penularan. Robot Delta http://www.geraldhowarth.org/ ini bisa mengantar makanan dan menghibur warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Yang lebih menarik adalah pembuatan robot ini memanfaatkan barang-barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Meskipun begitu, biaya yang dikeluarkan tetap lumayan besar sekitar belasan juta rupiah.

Lama waktu perakitan robot Delta memakan waktu seminggu. Sebelum adanya robot Delta, warga Tembok Gede III pernah menjadikan dua unit robot. Perakitan komponen-komponen elektronika atau motoriknya diketuai oleh Aseyan. Aseyan juga mengatakan bahwa ia dan yang lainnya mempelajari tahapan pemasangannya secara autodidak.

“Namun, kedua robot itu belum bisa bergerak atau berjalan jauh, hanya dapat mengeluarkan bunyi untuk imbauan untuk warga” kata Aseyan selaku ketua RT, seperti yang dikutip dari berita Antara.

Berbeda dengan dua robot sebelumnya, Robot Delta ini sudah bisa dioperasikan dari jarak jauh dan bergerak dalam radius 100 meter. Kreativitasnya itu membikin daerah tersebut digadang-gadang sebagai Kampung Pintar.

Delta kemudian menjadi hiburan warga setempat serta dioperasikan setiap malam. Aseyan berharap tiga unit robot ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Ya, setidaknya tiap malam bisa dioperasikan di kampung sebagai hiburan bagi warga,” kata Aseyan dikutip dari Antara News. “Harapannya adalah dengan adanya tiga unit robot yang sudah kami buat bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kampung ini.”

Diharapkan hal yang dilakukan oleh warga Surabaya dalam menangani penyebaran virus COVID-19 varian Delta ini dapat memicu warga Indonesia lainnya untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi yang tak kalah membanggakannya.