Juli 10, 2020

Perkembangan Teknologi di Bidang Transportasi

Teknologi informasi merupakan teknologi yang membantu kita, manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebarkan informasi.

Sedangkan transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang di gerakkan oleh manusia atau mesin.

Teknologi transportasi sendiri merupakan sebuah teknologi yang yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.

Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang sebagian besar para penduduk lakukan.

Perkembangan Teknologi Transportasi Dari Waktu ke Waktu

Di Indonesia sendiri, transportasi memiliki peran besar yang sangat berpengaruh. Transportasi merupakan kendaraan yang digunakan oleh warga Indonesia untuk berpergian maupun bekerja.

Teknologi informasi di bidang transportasi sendiri sangatlah penting pada peradaban dunia khususnya Indonesia.

Umumnya, ada 3 jenis transportasi, yaitu darat, laut, dan udara. Transportasi di udara perkembangannya diawali pada era masa jabatan bapak teknologi, Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Ia menjabat sebagai presiden ke 3 pada saat itu. Ia lalu meluncurkan pesawat yang dirancang oleh IPTN, yaitu pesawat N-250.

Untuk aplikasinya sendiri menggunakan E-Ticketing atau penjualan tiket online dimana orang bisa membeli tiket untu acara local.

Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam system computer milik perusahaan penerbangan.

Pada transportasi darat juga mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan adanya teknologi informasi seperti TRON (aplikasi pmesanan angkutan umum seperti angkot, bajaj, mikrolet, bus, dll) secara online dan berbasis Ride-Sharing.

Dengan aplikasi ini, angkutan umum yang beroperasi secara Point to Point kini menjadi on Demand, dimana penumpang bisa diarahkan untuk penjemputan di halte virtual yang berada paling dekat dengan posisinya.

Perkembangan teknologi informasi juga menimbulkan dampak positif dan negative pada perkembangannya.

Dampak positifnya antara lain:

  • Mempermudah dan mempercepat manusia berpergian dari suatu tempat ke tempat lainnya
  • Menjadi suatu peluang usaha sehingga dapat memperkecil tingkat pengangguran
  • Mempermudah suatu negara untuk bekerja sama dengan negara lainnya dalam bidang ekspor impor
  • Lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
  • Perjalanan menjadi lebih efisien dengan menggunakan kendaraan modern

Sedangkan dampak negative dari teknologi informasi adalah:

  • Merusak alam
  • Meningkatkan terjadinya kecelakaan di jalan
  • Menyebabkan kemacetan
  • Dapat merusak kesehatan akibat banyaknya polusi udara

Seiring perkembangan suatu zaman, semakin banyak perkembangan yang terjadi di dunia ini yang semakin lama semakin maju dan canggih.

Apalagi di era globalisasi ini dimana segala sesuatu yang kita butuhkan bisa diakses secara mudah seperti teknologi transportasi.

Selain itu, dengan adanya transportasi kita dapat mempersingkat waktu perjalanan dan tidak memerlukan waktu banyak dalam menempuh perjalanan.

Sayangnya, semakin berkembangnya teknologi informasi, minyak bumi yang tadinya melimpah juga semakin langka seiring dengan perkembangan dan pemakaian alat transportasi yang terus menerus.

Selain itu, pencemaran udara dan suara juga mempengaruhi bahkan mengancam kesehatan manusia, lalu berkurangnya area pertanian karena peningkatan pembangunan fasilitas transportasi seperti bandara, jalan raya, dan lain-lain.

Bisa disimpulkan bahwa teknologi transportasi ini bisa aja berguna untuk kehidupan manusia, namun penggunaannya harus dibatasi agar sumber daya alam yang kita miliki sekarang tidak habis.

Pastikan juga kita memikirkan apa efek dan dampaknya bagi lingkungan kita, jangan sampai kita malah merusah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *