Desember 1, 2020 PERKEMBANGAN JARINGAN SELULER DARI 1G SAMPAI 5G

PERKEMBANGAN JARINGAN SELULER DARI 1G SAMPAI 5G

Sebagus apapun gadget yang kita miliki, gak ada artinya jika kita gak punya jaringan internet. Rasanya akan mati gaya saat sedang keluar rumah namun gak ada jaringan internet, walaupun gak ada yang ngabarin pun tetap aja gak sih seperti ada yang kurang?

Internet memang diperlukan untuk segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, hal ini memang bertujuan untuk mempermudah aktivitas manusia. Apalagi sekarang, semua aspek kehidupan sudah di kaitkan dengan internet. Kemunculan adanya jaringan ini sudah ada sejak pertama kali muncul handphone. Meskipun saat itu, handphone hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan saja.

Seiring berjalannya waktu, jaringan dan telfon pun berkembang secara bersamaan. Dimana koneksi yang tadinya masih sangat mendasar, bisa naik 1 tingkat diatasnya, begitupula dengan handphone yang selalu terdapat fitur-fitur baru dengan fungsinya masing-masing. Keberadaan itu semuanya tentunya menguntungkan manusia, apalagi dijaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Kali ini kita akan bahas bagaimana perkembangan dari generasi pertama hingga yang sekarang.

Genarasi yang muncul paling pertama yaitu 1G. Untuk mendapatkan koneksi ini, bisa ditemukan pada ponsel-ponsel jaman dahulu. Ponsel tersebut memang diperuntukan untuk panggilan telepon dan mengirim pesan saja. Mungkin anak-anak millennial sekarang pernah merasakannya? Ponsel ini sama sekali tak ada jaringan internet sama sekali dan kebanyakan ponsel tersebut tak memiliki camera. Layar lcdnya yang cenderung sangat kecil sehingga aktivitas pada ponsel tersebut sangatlah terbatas. Untuk kecepatannya sendiri berada di 14,4KB/s.

Selanjutnya muncul jaringan 2G. Jaringan ini merupakan masa peralihan dari analog ke digital. Generasi 2G biasa juga disebut dengan GSM atau CDMA. Ingat kan dahulu ada 2 tipe ponsel yang berbeda? Gak cukup sampai sini saja, 2G pun dikembangan menjadi 2,5G atau bisa disebut GPRS dan kecepatannya bisa mencapai 115 KB/s. Di jaringan GRPS inilah mulai bisa mengakses internet.   

Masih berada di ruang lingkup yang sama, ternyata 2,5G pun dikembangan lagi menjadi 2,75G atau EDGE. Kecepatan pada jaringan ini diklaim bisa lebih cepat 2x lipat dari GPRS. Jaringan ini pun sudah mulai banyak digunakan untuk mengirim email dan MMS.

Kemudian ada generasi berikutnya yaitu 3G yang dimana kecepatan jaringannya itu harus didukung oleh teknologi yang lebih canggih. Pada jaringan ini, akses internet pun sudah cukup mudah dan kita sudah bisa melakukan video call karena kecepatannya sudah berada di 480 KB/s. Sama seperti generasi sebelumnya, 3G ini dikembangan lagi menjadi 3G+ yang memiliki keunggulan pada kualitas gambar yang lebih jernih. Di jaringan inipun sudah didukung untuk mendownload file dari internet.

Karena teknologi semakin canggih dan sudah bermunculan smartphone, sehingga jaringan pun ikut berkembang menjadi 4G. Jaringan inilah yang sekarang banyak digunakan oleh banyak orang dan support di hampir semua smartphone. Kecepatannya pun bisa mencapai 100MB/s. Tampilan grafisnya pun terlihat lebih baik dari sebelumnya dan tentunya koneksi yang lebih stabil dan bisa mengakses apapun.

Dan yang terakhir adalah jaringan 5G yang masih berada di tahap pengembangan. Katanya jaringan ini pun memiliki kecepatan hingga 5G/s, kebayang gak tuh cepet banget? jaringan ini memang masih di tahap uji dan hanya smartphone tertentu yang mendukung koneksi ini. Meskipun ada beberapa smartphone keluaran Samsung dan Apple yang mendukung 5G, tapi kita masih belum tahu kapan keluarnya dan bagaimana sistem itu bekerja.

Untuk di Indonesia sendiri, 4G lah yang menjadi koneksi paling banyak di gunakan dan wilayah Indonesia pun masih berada di cakupan untuk jaringan 4G. Itupun masih ada wilayah-wilayah pelosok yang tak bisa mengakses internet dengan lancar. Karena saat berada di pantai, pegunungan, atau tempat lainnya kita cenderung bisa menggunakan 4G dan biasanya turun menjadi 3G.

Di-tag pada: