Juli 21, 2020

Perbedaan Teknologi Masa Kini dan Dulu

Komunikasi merupakan kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Kita tidak bvisa berhubungan dengan orang lain di tempat yang jauh jika taka da alat informasi.

Teknologi komunikasi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern. Contohnya adalah tontonan di televisi.

Dengan teknologi yang ada, kita bahkan bisa menonton film yang berasal dari luar negeri. Inilah salah satu keuntungan kemajuan teknologi komunikasi sekarang ini.

Hal ini juga terjadi berkat teknologi informasi. Tentu saja teknologi yang ada sekarang dengan yang dulu berbeda.

Lalu, seperti apa perbedaannya?

Teknologi Komunikasi Zaman Dulu

Dulunya, orang-orang sudah menggunakan alat-alat komunikasi. Tentu saja alatnya tidak secanggih sekarang.

Dulu, orang menggunakan alat kentongan, tali, telik sandi, surat, dan kurir untuk berkomunikasi. Kentongan digunakan dengan ara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu / bamboo.

Telik sandi merupakan orang yang dipilih untuk mengintip atau menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utamanya adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh.

Kurir merupakan orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Sedangkan tali pohon merupakan cara yang digunakan pada zaman penjajahan.

Tali pohon merupakan seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lain. Di ujung tai nya diberi kaleng atau alat-alat yang jika ditarik akan mengeluarkan bunyi.

Teknologi Komunikasi Zaman Sekarang

Pada dasarnya, cara berkomunikasi ada 2 macam, yaitu langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung terjadi bila dua orang atau lebih berbincang-bincang dengan saling berhadapan muka.

Sedangkan komunikasi secara tidak langsung terjadi jika orang yang berkomunikasi menggunakan suatu alat perantara.

Biasanya, orangnya tidak berhadapan secara langsung. Ada berbagai macam perkembangan teknologi komunikasi yang ada saat ini.

Telegram merupakan berita yang dikirim melalui telegraf. Kode-kode atau isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf disebut morse.

Telepon merupakan alat komunikasi yang sering digunakan, dengan menekan nomor tujuan dalam waktu singkat kita bisa berkomunikasi dengan teman atau siapa saja baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sistem pembicaraan melalui telepon yang ada di sebut lokal dan ada juga interlokal. Lokal merupakan hubungan telepon di dalam kota atau daerah yang berdekatan.

Interlokal adalah sambungan telepon dari kota yang satu ke kota yang lain. Semakin jauh jarak sambungan telepon, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

HT atau Handy Talikie termasuk alat komunikasi menyerupai telepon genggam. Biasa digunakan oleh polisi, tentara, satpam, pendaki gunung, dan tim SAR.

Pager (radio panggil) merupakan alat komunikasi satu arah. Jika ada pesan yang masuk, pager akan berbunyi dan pesannya tertulis pada layar pager.

Radio merupakan salah satu alat komunikasi yang efektif. Sekarang ini, radio menjadi sarana hiburan dan berita.

Melalui radio, kita bisa mendengarkan berita-berita penting yang terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Televisi bisa membuat kita melihat berbagai peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh hanya melalui televise.

Media cetak saat ini ada banyak ragamnya. Ada majalah atau Koran yang terbit harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan.

Media cetak tersebut mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kita. Berbagai macam informasi dan pengetahuan bisa kita dapatkan jika kita rajin membaca dari media cetak.

Dan yang terakhir adalah internet dimana melalui internet kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga bisa membaca berita, mengirim dan menerima gambar, dan lain-lain.

Itulah perbedaan antara teknologi yang ada zaman sekarang dengan dulu. Keren sekali ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *