Juni 26, 2020 Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Perbankan

Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Perbankan

Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi telekomunikasi. Suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan suatu keluaran (output) informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu.Baik itu digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun pemerintahan.

Nah, kali ini kami akan membahas seputar peran teknologi dalam perbankan. Yuk, langsung saja simak daftar di bawah ini.

Peran Teknologi Informasi di Perbankan

Peran teknologi bagi dunia perbankan sangat penting dan berguna untuk dunia perbankan, karena hampir setiap aspek perbankan memerlukan teknologi informasi. Teknologi informasi dalam perbankan ini mencakuo perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang berwujud sebuah komputer atau perangkat lainnya yang digunakan dalam operasional perbankan.

Seperti contohnya salah satu penggunaan teknologi informasi, yaitu mesin hitung uang yanbg digunakan Teller. Di mana teknologi informasi ini mengenal adanya input, output, dan proses. Di dalam mesin hitung uang tersebut sebagai inputannya adalah sejumlah uang yang digunakan untuk diproses dengan melakukan penghitungan oleh mesin. Untuk output adalah dengan sebuah angka di mana merupakan jumlah dari lembar uang yang dimasukkan.

Teknologi akan menjadi sebuah tuntutan bagi perbankan untuk memudahkan, mengefisienkan, dan mengefektifkan kinerja tersebut. Dalam dunia perbankan dibutuhkan suatu informasi yang up to date bagi pihak manajemen menengah ke atas untuk memprediksikan langkah bisnis yang akan diambil sehingga berbagai kendala yang muncul akan teratasi.

Tidak hanya itu, perkembangan bank tidak dapat terlepas dari dunia IT yang semakin berkembang ini. Jika dulu nasabag dilayani dengan menggunakan sistem manual, sekarang ini banyk nasabah yang dilayani menggunakan sistem komputer. Sistem komputer terhitung mampu memberikan pelayanan yang lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Data nasabah juga akan tersimpan secara otomatis dalam database komputer bank.

Sehingga dengan hal demikian teller bank ata pegawai bank hanya mengetikka nama lalu muncul data yang dikehendaki. Karena tidak mungkin efisien apabila pengarspan data customer atau nasabah dalam bentuk manual. Karena nasabah bank itu sangat banyak dan pastinya membutuhkan cara yang efektif serta efisien dalam hal ini.

Cara pencaharian secara manual dengan arsip, sangatlah berbeda. Di mana teknologi dalam dunia mencakup dua hal, yaitu hardware dan software. Pegawai bank juga akan memerlukan jasa maintenance pda kedua perangkat, agar database yang ad di dalamnya tidak rusak atau corrupt. Bagaimana bisa kita bisa bayangkan jika database rusak, sedangkan dalam database ada semua data nasabah dan hal penting di dalamnya.

Teller bank juga menggunakan mesin atau komputer sebagai mesin hitung yang dapat mempermudah dan mengefektifkan waktu lebih cepat dan sebaik mungkin. Teller di bank akan melakukan berbagai kegiatan misalnya melakukan input data, terjadinya proses DNA menghasilkan output. Jika teller bank melayani nasabah yang sudah terdapat data sebelumnya di bank tersebut, teller dapat langsung memasukkan sejumlah nilai uang ke dalam mesin hitung dan kemudian melakukan proses penghitungan yang.

Nah itu dia peran teknologi dalam sebuah dunia perbankan. Bagaimana menurut kalian penting bukan? Jika tidak ada bantuan teknologi ini, pekerjaan perbankan tidak akan berjalan dengan mudah dan tidak akan berjalan efektif maupun efisien. Dengan teknologi canggih di era ini, segala pekerjaan di berbagai bidang akan mudah cepat teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *