Juni 26, 2020 Peran Sebuah Teknologi Bagi Pendidikan

Peran Sebuah Teknologi Bagi Pendidikan

Peran Sebuah Teknologi Bagi Pendidikan

Di era sekarang ini, sudah wajar sekali jika manusia sangat bergaantung pada sebuah teknologi. Tekonologi sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar setiap orang, baik kalangan anak kecil hingga dewasa sekalipun. Teknologi sekarang ini telah berkembang dengan pesatnya serta sangat berpengaryh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berpean dalam kehidupan masyarakat luas, slah satunya di bidang pendidikan. Kali ini, kami akan membagikan peranan sebuah teknologi dalam pendidikan serta dampak apa yang akan dirasakan pelajar. Simak lengkaapnya pada penjelasan di bawah ini.

Peranan Sebuah Teknologi Dalam Program Pendidikan

Teknologi Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Dalam hal ini akan ada beberaapa hal yang harus diperhatikan dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, kalian harus melakukan beberapa hal dalam peranan sebuah teknologi bagi sebuah fsktor pendidikan, simsk lengkapnya di bawah ini.

1. Memanfaatkan Video Gim

Sekarang ini, proses belajar dan mengajar bia dilakukan di mana saja dan kapan saja. Akan ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar membuat semangat belajar. Kalian sekarang dapat belajar, tidak hany dengan patokan buku pelajaran saja, di mana denagn teknologi, kalian dapat memanfaatkan berbagai gim sebagai alat bantu belajar dan mengajar materi pelajaran.

2. Memberikan Peluang Kesempatan Pada Anak Muda untuk Mengajar

Generasi muda atau yang sering disebut sebagai generasi Z ini merupkan generasi yang sejak usia dini telah mengenal berbagai teknologi informasi. Dengan keadaan ini menjadi salah satu alasan mengapa generasi ini cenderung lebih mudah tangkap dalam menguasai berbagai teknologi. Dengan kemampuan ini, akan menjadikan sebuah peluang kesempatabn bagi mereka mengajarkan segala hal yang dipahami dan belum dipahami.

3. Jangan Melupakan Regulasi

Dalam menggunakan teknologi yang ada dalam dunia pendidikan, kiat harus lebih bijak dalam menggunakanny, karena dapat menjadikan sesuatu hal yang mengerikan kedepannya. Karena mudahnya mengakses informasi murid, ternyata selama ini membuat bom. Hal itu pastinya, tidak diingunkan oleh seluruh masyarakat, oelh sebab itu pentingnya sebuah regulasi yang tepat utuk dapat memastikan teknologi diterapkan dengan benar dalam semua pendidikan. Akan hadir berbagai aturan sederhana yang terkait dengan penggunaan handphone hingga turan yang berisi dengan perunang-undangan seperti hak cipta seseorang.

Dampak Sebuah Teknologi Dalam Pendidikan

Dalam segala hal dalam kemajuan teknologi, pastinya akan ada dampak yang dihasilkan dari kemajuag atau perkembangan tersebut, baik itu positif maupun negatif.

Di mana kalian akan mendapatkan dampak positif dari sebuah teknologi, sebagai berikut:

  • Membantu memproses pembelajaran lebih cepat dan mudah
  • Memudahkan pelajar untuk saling berkomunikasi dengan pengajar melalui sistem face to face.
  • Memudahkan sistem usaha serta kegiatan administrasi pada lembaga pendidikan
  • Memudahkan pelajar mengakses ilmu dan wawasan belajar melalui media lainnya

Selain itu, akan ada juga dampak negatif dari sebuah teknologi, antara lain:

  • Membuat pelajar menjadi terpengaruh atas teknologi
  • Membuat pengguna jadi malas belajar dan membantu orangtua
  • Membuat tingkatan kejahatan semakin meningkat
  • Membuat salah satu media yang di salah gunakan pelajar

Itulah peranan serta dampak yang akan diperoleh dari sebuah teknologi pada sektor pendidikan. Oleh sebab itu, untuk kita dapat memperoleh hasil yang positif serta dapat membantu sistem kualitas pendidikan di Indonesia, diperlukan beragam hal bijak untuk mengoperasikannya. Karena jika kita salah menggunakan fungsi peranan teknologi tersebut, semakin banyak juga dampak negatif yang akan kita rasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *