Juli 8, 2020

Pemanfaatan Teknologi Dalam Sektor Pertanian

Teknologi pertanian di Indonesia bisa dibilang berkembang dengan cukup pesat. Teknologi ini bahkan telah menarik perhatian beberapa kalangan, bahkan orang awam pun penasaran dengan teknologi penemuan pertanian tersebut.

Meski beragam alat teknologi pertanian sekarang ini lebih mudah ditemukan, namun kalian masih tetap bisa menemukan alat-alat tradisional seperti cangkul, sabit, ani-ani, dan lain-lain.

Alat-alat tersebut sudah membantu petani sejak zaman dulu. Namun, tentu saja alat-alat yang canggih sekarang ini telah memabntu banyak para petani.

Manfaat Teknologi Di Bidang Pertanian

Alat dengan kekuatan teknologi tersebut bahkan memberikan banyak  manfaat bagi para petani. Penasaran apa saja? yuk simak dibawah ini.

1.Memperoleh Benih Unggul

Teknologi terbaru tidak lepas dari perusahaan pengasil benih, dengan melibatkan alat teknologi penghasil benih modern  yang diharapkan akan menghasilkan produk benih yang modern.

Misalnya saja jagung hibrida sebagai benih yang terproduk dengan bantuan perkembangan teknologi pertanian.

Karakter jagung hibrida ini nantinya memiliki kualitas yang baik, kualitas tonggol yang unggul, dan biji jangung yang semakin banyak.

2.Menghasilkan Pupuk Kimia Terbaik

Perusahaan pupuk kimia dan obat pertanian kini menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan kualitas pupuk kimia serta obat pertanian terbaik.

Dengan menggunakan pupuk tersebut, tentu kualitas hasil panen pun akan semakin meningkat. Omset petani akan bertambah, konsep pemerintah tentang memanusiakan petani akan segera terwujud, derajat mereka akan naik, mereka juga akan naik kelas sosial di masyarakat.

3.Ada Alat Pertanian Modern

Alat pertanian memiliki pengaruh besar dalam produktivitas produk yang dihasil dari petani. Penggunaan alat yang canggih pun akan membuat kegiatan bercocok tanam lebih cepat dan memiliki hasil panen yang lebih banyak.

Selain lebih cepat, tenaga yang digunakan juga tidak akan sebesar penggunaan alat tradisional petani.

4.Meningkatkan Omset Petani

Dengan adanya teknologi yang berperan penuh dalam pertanian, tentu akan berpengaruh juga pada pendapatan petani.

Sama halnya dengan penggunaan benih unggul yang akan menghasilkan padi berkualitas serta jumlah yang dihasilkan dari setiap tungkainya juga akan lebih banyak dari biasanya.

Dengan demikian, hasil panen yang didapaykan dari penggunaan benih unggul akan meningkatkan nilai jual dari biasanya.

5.Meningkatkan Kemampuan Petani

Melalui teknologi pertanian, alat canggih dan modern yang digunakan dalam kegiatan bercocok tanam pun akan dihasilkan.

Secara otomatis, kemampuan petani akan mengalami perubahan, adanya alat modern memberikan tuntutan baru bagi petani uutuk bisa menggunakannya.

Dengan demikian petani harus bisa menyesuaikan perkembangan teknologi pertanian yang baru pada  saat ini.

Alat Pendukung Teknologi Pertanian

Lalu, ada alat apa saja sih yang bisa mendukung teknologi pertanian?

1.Alat Penanam Padi Jarwo Transplanter

Alat ini direkomendasikan oleh LitBang (Penelitian dan Pengembangan) Kementrian Pertanian. Konsep dari alat ini adalah untuk memberikan jarak yang pas antara padi yang satu dengan padi lainnya.

Alat ini juga mampu meningkatkan produksi padi sebanyak 30%.

2.Mesin Pemanen Padi Indo Combine Harvester

Kelebihan alat ini adalah mampu beroperasi di lahan yang basak serta memiliki diameter yang lebih rendah.

Tusuk panen yang dihasilkan tidak lebih dari 1%. Selain itu, kapasitas kerjanya juga terbilang cepat, sekiatr 4 sampai 6 jam per hektar.

Itulah manfaat serta alat-alat teknologi yang sudah ada dan berkembang di Indonesia. Alat-alat ini tentu saja dapat mempercepat pekerjaan petani sehingga hal ini meringankan kerja petani di sawah.

Selain itu, alat ini juga bisa meningkatkan hasil produksi dalam pertanian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *