Juni 26, 2020 Macam-Macam Jenis Ilmu Teknologi Beserta Contoh, yang Wajib Kalian Mengerti

Macam-Macam Jenis Ilmu Teknologi Beserta Contoh, yang Wajib Kalian Mengerti

Teknologi ialah sebuah ilmu yang berhubungan dengan suatu alat maupun mesin yang sengaja diciptakan untuk dapat mempermudah segala keperluan mnusia dalam menyelesaikan berbagai macam persoalan pekerjaan di dunia. Penggunaan teknologi ini diawali dengan adanya pengubahan sumber daya menjadi berbagai macam alat sederhana. Jenis ilmu teknologi juga sangat beragam, yuk simak pembahasan seputar pengertian dari beberapa jenis ilmu teknologi, di bawah ini.

10 Daftar Jenis Ilmu Teknologi Dalam Kehidupan

1. Komunikasi

Teknologi Komunikasi merupakan sebuah peralatan perangkat keras atau hardware dalam sebuah struktur organisasi yang akan mendukung berbagai nilai sosial yang akan memungkinkan setiap manusia untuk dapat mengumpulkan, memproses, dan saling menukar informasi antar individu lainnya.

Contoh dari teknologi komunikasi, yaitu: kentongan, surat, lonceng, handphone, televisi, dan masih banyak lagi.

2. Industri

Teknologi Industri merupakan penggunaan ilmu teknik dan teknologi manufaktur yang akan menjadikan produksi lebih cepat, sederhana, dan lebih efisien. Contoh dari sebuah teknologi industri, yaitu: rekayasa keuangan, naanosolar, teknik mesin, tenaga nuklir, dan jaringan cerdas.

3. Kesehatan

Teknologi Kesehatan merupakan sebuah teknologi yang akan berfungsi agar manusia dapat menjaga kesehatan serta keselamatan hidupnya. Contoh dari teknologi kesehatan ini adalah, antara lain: Boinformatik, Bioteknologi, dan teknologi kesehatan.

4. Perencanaan

Teknologi Perencanaan ialah teknologi yang memiliki fungsi masyarakat dapat merencanakan teknologi baru dan bisa digunakan di masa yang akan datang. Teknologi perencanaan ini, antara lain: Birorekayasa, perencanaan sipil, bangunan, biokimia, dan luar angkasa.

5. Transportasi

Teknologi Transportasi ialah teknologi yang akan memberikan sebuah kenyamanan kepada para masyarakat dalam berpergian ke suatu tempat. Contoh dari teknologi transportasi, antara lain: rekayasa ruang angkasa, perencanaan bermotor, bus bertingkat, hingga perencanaan kelautan.

6. Sains Sains Praktik

Teknologi Sains Praktik merupakan suatu teknologi yang akan memudahkan masyarakat dalam menyediakan berbagai alat untuk membantu pekerjaan dengan menggunakan ilmu sains. Contoh dari teknologi sains praktik, antara lain: teknik elektronik, rekayasa optik, mikroteknologi, dan pembangkit listrik.

7. Militer

Teknologi kemiliteran adalah sebuah teknologi yang akan membantu negara dalam melengkapi segala keperluan dalam bersenjata. Contoh dari teknologi kemiliteran, antara lain: rekayasa bom, perencanaan angkatan laut, senjata api, amunisi pertanahan, dan amunisi perang.

8. Kerumahan

Teknologi Kerumahan adalah teknologi yang akan memberikan sebuah kemudahan kepada masyarakat dalam menyediakan berbagai kebutuhan dalam memenuhi kehidupannya. Contoh dari teknologi kerumahan adalah teknologi hasil dan pengeluaran makanan, pendidikam, dan perindustrian peralatan keperluan rumah tangga.

9. Olahraga

Teknologi Olahraga adalah suatu teknologi yang akan memberikan segala kemudahan kepada masyarakat dalam menjalani berbagai aktivitas olahraga. Contoh teknologi olahraga, adapun sebagai berikut: Jam Refree third Eye, Bola CTRUS, Goal Line Technology, M-Stasion, dan M-Frame Oakley.

10. Rekreasi

Teknologi Rekreasi ialah suatu teknologi yang akan memberikan pelayanan dan kenyamanan masyarakat dalam hal hiburan. Contoh dari teknologi rekreasi, antara lain: peralatan perkemahan, taman ria, taman kota, dan wisata pantai.

Itulah kesepuluh daftar jenis jenis macam teknologi beserta dengan contoh, yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan 10 daftar macam teknologi ini, kalian dapat memahami apa itu sebuah teknologi. Contoh yang kami lampirkan di atas juga sudah kami kelompokan per kategori unsur teknologi tersebut. Sekian informasi seputar jenis teknologi ini kami saampaikan, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *