Juni 26, 2020 Daftar Teknologi Masa Lampau yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

Daftar Teknologi Masa Lampau yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

Daftar Teknologi Masa Lampau yang Masih Eksis Hingga Saat Ini

Perkembangan teknologi memang sudah ada sejak zama dahulu hingga saat ini. Seperti yang kita tahu, hal ini wajar karena sifat dasar manusia yang ingin terus berkembang dan mencari sebuah inovasi terbaru untuk dapat memudahkan kehidupan kalian. Nah, kali ini kami ingin mengajak klian throwback ke masa lalu dan mengingat teknologi lampau yang masih bisa digunakan hingga saat ini. Yuk, langsung saja simak berikut ini.

Teknologi Lampau yang Masih Berfungsi di Era Ini

1. Kabel

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan penggunaan kabel. Tapi tahu tidak kalian? Salah satu penemuan penting di masa lalu ini, mungkin teknologi lainnya tidak akan berkembang hingga saat ini. Kabel meruapakn sebuah teknologi yang sudah ada sejak pertengahan abad ke-19 hingga ke-20. Tua sekali ya sobat? Tetapi meski begitu, teknologi ini masih eksis hingga saat ini, sobat.

2. Kulkas

Apakah kalian tahu? Kulkas merupakan salah satu konsep yang pertama kali berasal dari rumah es yang biasa digunakan untuk menyimpan makanan. Konsep ini dikembangkan di pertengahahan tahun 1830, di mana kulkas menggunakan sebuah sistem pengompresan uap air. Saai itu, kulkas belum menjadi alat produk rumahan, pada tahun 2013 baru tercipta kulkas komersil untuk digunakan di rumah.

Saat berbicara mengenai kulkas, pasti tidak akan lepas dari nama Fred W. Wolf, yang menemukan dan merancang desain unit dengan kotak es di bagian atas. Sementara untuk kulkas listrik, didapatkan dari ide seorang bernama Nathaniel B. Wales.

3. Toilet

Manusia pasti memerlukan toilet untuk memenuhi kebutuhan buang airnya. Jika zaman dahulu, manusia membuang air di sungan, sekarang manusia membuang air di toilet. Toilet sendiri sudah ada sejak zaman Mesir Kuno, di mana pada saat itu, hanya dimiliki oleh orang kaya saja. Canggihnya teknologi toilet ini baru ditemukan pada abad ke-18 oleh Alexander Cumming.

4. Kacamata

Kacamata merupakan sebuah teknologi yang bisa kalian gunakan untuk mata minus, silinder, plus, hingga masalah mata lainnya. Kacamata dapt mempermudah pengelihatan kalian, agar terlihat lebih jelas seperti mata normal pada umumnya. Kacamata yang kalian gunakan ini dimulai dari penemuan lensa abad ke-13, dimana terdapat sebuah tulisan dalam karya klasik yang menyebut penggunaan optik untuk membaca huruf kecil dalam jarak yang jauh.

Kacamata pertama kali ditemukan di Italia pada tahun 1290 dan berkembang di abad ke-19, di mana Benjamin Franklin ialah seorang penemu bbifocals atau kacamata yang memiliki dua lensa dan berasal dari Amerika Serikat.

5. Kipas Angin

Sebelum hadirnya AC atau singkatan dari Air Conditioner ini, manusia menggantungkan hidupnya melalui kipas angin yang dapat mengusir panas. Teknologi kuno ini masih digunakan hingga saat ini. Kipas angin menggunakan sebuah konsep yang sudah ada sejak 500 sebelum masehi tepatnya di daerah India.

Teknologi kipas angin menggunakan listrik baru di Tiongkok pada tahun 1880 pada era Dinasti Han. Teknologi ini semakin berkembang, di mana sosok Schuyler Wheeler adalah pertama kali yang menciptakan kipas angin tanpa membutuhkan kerosin, alkohol, serta minyak untuk dapat memutarnya.

Itu dia 5 daftar teknologi zaman dahulu yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan beberapa daftar yang ada diatas ini menjadi alat terpenting dalam kebutuhan kehidupan sehari-hari kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *