Agustus 7, 2020 Apa Itu Teknologi Dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Teknologi Dan Apa Manfaatnya?

Apa yang dimaksud dengan teknologi? Secara umum, teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda, untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.

Ada juga yang menyebutkan bahwa teknologi adalah semua sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri.

Secara etimologis, kata teknologi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Technologia dimana kata tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.

Dulunya, teknologi hanya sebatas pada benda-benda yang berwujud, seperti mesin dan peralatan. Namun makna teknologi mengalami perluasan dan tidak hanya terbatas pada benda berwujud saja namun juga benda yang tak berwujud.

Misalnya, metode, ilmu pengetahuan, software, dan lain-lain. Sehingga pengertian teknologi adalah suatu cara, proses, alat, mesin, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan arti dari teknologi, diantaranya:

1.Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana, pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau mebuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.

2.Manuel Castells

Menurut Manuel Castells, pengertian teknologi adalah suatu alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

3.Gary J. Anglin

Menurut Gary J. Anglin, arti teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

4.Jacques Ellil

Menurut Jacques Ellil, pengertian teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

5.Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, pengertian teknologi adalah penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; dan aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Pada dasarnya, manfaat teknologi adalah untuk mempermudah dan mempercepat berbagai aktivitas manusia di berbagai bidang kehidupan.

Mengacu pada pengertian teknologi, ada beberapa manfaat teknologi, yaitu:

1.Bidang Transformasi dan Komunikasi

Di bidang ini, proses komunikasi menjadi lebih mudah, cepat, dan murah berkat teknologi. Jika dulu kita berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan suart, telepon rumah, dan telegram, sekarang kita bisa melakukannya dengan cepat melalui smartphone, aplikasi chatting, dan email.

2.Bidang Ekonomi dan Bisnis

Ada banyak manfaat teknologi di bidang ekonomi sekarang ini. Misalnya keberadaan mesin ATM dan internet Banking yang memudahkan proses transaksi pembayaran.

Selain itu juga memudahkan proses delivery dengan adanya berbagai layanan ekspedisi yang memanfaatkan teknologi internet dan aplikasi mobile yang mempercepat pengiriman barang.

3.Bidang Pendidikan

Teknologi juga memberikan banyak manfaat dan kemudahan di bidang pendidikan. Salah satunya adalah keberadaan sistem pembelajaran e-learning system.

Dengan sitem pembelajaran terbaru ini, peserta didik tidak harus datang ke lokasi sekolah namun cukup dengan membuka website atau aplikasi dan mengakses materi belajar secara online.

4.Bidang Transportasi

Teknologi telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan di bidang transportasi, baik itu barang maupun manusia.

Keberadaan berbaagi jenis alat transportasi seperti mobil, sepeda motor, pesawat, dan kapal laut membuat proses perjalanan manusia menjadi lebih mudah dan cepat.

Itulah beberapa manfaat dari teknologi serta beberapa pengertiannya menurut ahli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *