Juni 9, 2020

6 Robot Canggih yang Mencengangkan

Kalian pasti sudah pernah menonton beragam film tentang robot canggih. Jika kita menontonnya pada tahun 90-han, mungkin semua hal itu tampak seperti sebuah imajinasi saja. Namun kini bukan hanya di film saja, karena sudah terdapat banyak robot canggih di dunia. Yang lebih menggejutkan adalah beberapa robot ini memiliki perawakan dan menyerupai manusia.

Para pencipta robot ini memang sengaja menciptakan robot yang menyerupai manusia, baik rupa juga kemampuannya. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar robot tercanggih di dunia yang wajib kamu tahu.

Robot Tercanggih Dunia

1.Asimo

Pertama ada Asimo, sebuah robot yang dirancang oleh Honda. Robot Humanoid ini dikembangkan dengan tujuan untuk membuat robot dapat hidup berdampingan dengan manusia. Asimo sudah mengalangi beberapa tahap pengembangan. Selain itu Asimo memiliki kecerdasan yang selalu meningkat, seperti ia dapat mengenali siapa lawan bicaranya. Ia juga dapat mengenali suara manusia yang sedang berbicara dengannya. Dua kemampuan ini dapat Asimo terapkan dalam waktu yang bersamaan.

Kemampuan Asimo lain yang tak kalah mencengangkannya adalah ia dapat berjalan dengan cepat. Jika biasanya robot tampak kaku saat bergerak dan terkesan lamban, berbeda dengan Asimo. Ia dapat berjalan mundur, melompat, bahkan naik dan menuruni tangga.

2.Robot HRP-4

Robot humanoid selanjutnya adalah HRP-4 yang dikembangkan untuk dapat membuktikan kalau robot bisa hidup berdampingan dengan manusia. Robot ini didesain untuk bisa meniru atlet dengan tubuh yang langsing dan membuatnya menjadi lebih diterima oleh manusia. Pengembangan dari robot HRP-4 ini sudah dapat menangani berbagai objek sekaligus karena rubuhnya yang kecil dan lebih ringan. Robot ini juga dapat mengenali wajah.

3.NASA Valkyrie

Apakah kamu tahu jika robot dapat menari? Salah satu robot astronot NASA adalah Valkyrie, sebuah robot yang dapat menari dengan gemulai. Robot ini merupakan salah satu Humanoid yang paling canggih di dunia. Robot ini dibuat oleh NASA-JSC pada tahun 2015. Robot dengan bobot 125 Kg ini bertujuan untuk memiliki tujuan besar dalam persepsi, perencanaan gerak, dan control Humanoid.

4.Spot Mini

Selanjutnya ada Robot Spot Mini yang pertama kali dikenalkan pada tahun 2017. Robot dapat memuat sekitar 14 kg pada maks, dan telah terbukti bergabung dengan pasukan robot spot mini untuk menarik kendaraan besar. Spot mini dapat membuka pintu, menaiki tangga, dan memiliki gerakan seperti manusia.

5.Fedor

Fedor merupakan robot yang dirancang oleh program Fedor (Final Experimental Demonstration Object Research) yang terletak di Rusia. Robot ini mampu meembakkan senjata sebagai salah satu keahliannya yang memukau. Selain itu robot ini juga dapat mengendarai mobil, membuka pintu, mengganti bola lampu, memasukkan kunci, mengangkat beban, bahkan ia juga dapat melakukan push up.

Robot yang memiliki berat sekitar 105 Kg dan tinggi 180 cm ini juga dapat merespons perintah suara serta dapat dikendalikan dari jarak jauh.

6.Sophia

Terakhir adalah robot yang akhir – akhir ini sangat mengejutkan dunia, ia adalah Sophia. Robot ini bahkan memiliki sebuah kewarganegaraan dari Negara Arab Saudi. Sophia sendiri merupakan robot yang mirip dengan manusia dan diciptakan untuk bisa mewujudkan impian manusia mengenai masa depan. Pencipta Sophia, David Hanson mempercayai bahwa hak untuk robot akan diintegrasikan ke dalam dunia kita saat robot nantinya akan mulai berntegrasi dengan dunia manusia. Sophia juga dapat berpikir sendiri dan menjawab pertanyaan dengan baik.

Nah, itulah beberapa robot canggih yang ada di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *