Juli 1, 2020

3 Kegunaan Teknologi di Bidang Kesehatan

Teknologi semakin haru semakin meluas di berbagai bidang. Bahkan, teknologi sekarang ini digunakan untuk membantuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti transportasi, berbelanja, marketplace, hingga medis.

Pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan bahkan telah menggunakan teknologi canggih dan terbilang baru seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Kegunaan Teknologi di Bidang Kesehatan

Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui apa saja pemanfaatan teknologi di bidang medis ini. Nah, untuk kalian yang mau tahu, yuk simak dibawah ini.

1.Terapi Autisme Dengan AR Glasses

Bagi penderita autism, jenis interaksi sosial sehari-hari yang kita anggap biasa bisa menjadi suatu tantangan bagi mereka.

Kalau tidak segera diatasi, kesulitan tersebut akan terus berlanjut hingga dewasa bahkan sampai ke lingkungan kerja.

Sebuah perusahaan membuat platform Augmented Reality yang dapat membantu mereka dalam berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan sebuah kacamata pintar dengan teknologi pelacakan emosinya yang louar biasa.

Teknologi ini berfungsi sebagai “pelatih digital” yang dapat dijalankan pada Google Glass dan menyediakan berbagai permainan.

Caranya adalah dengan focus untuk membantu mereka  yang menderita autism dalam membangun keterampilan yang penting dalam menjalani hidup.

AR Teknologi di bidang ini memiliki serangkaian aplikasi seperti tebak emosional yang mengharuskan mereka mengidentifikasi emosi oran lain kemudian mencocokannya dengan emoji.

Emojinya sendiri menggunakan teknologi pengenal wajah sehingga pemain dapat melihat berdasarkan orang nyata.

2.Aplikasi AR bagi Penderita Kanker Anak, Imaginary Friend Society

Sebuah aplikasi Imaginary Friend Society hadir untuk menghibur anak-anak penderita kanker. Karena tidak semua anak bisa melewati kanker dengan tegar, khususnya anak-anak.

Aplikasi ini  dihadirkan untuk membantu mereka supaya bisa lebih kuat menjalani rehabilitasi dan proses penyembuhan.

Aplikasi ini terlahir atas kerja sama antara Pediatric Brain Tumor Foundation yang bergerak di bidang kesehatan anak penderita kanker.

Imaginary Friends Society menghibur anak penderita kanker lewat karakter-karakter monster lucu yang ditampilkan pada layar. Karakter-karakter yang ada dibuat seolah nyata dengan teknologi Augmented Reality (AR).

Teknologi di bidang kesehatan ini dapat membantu pasien cilik memahami berbagai aspek kanker dengan cara yang lebih ringan.

Melalui serangkaian 22 film animasi pendek, Imaginary Friend Society menjelaskan berbagai topic kanker yang rumit dengan cara yang dapat dipahami anak-anak.

Selain itu, film-film yang ada dibuat untuk membantu anak memahami istilah-istilah medis yang asing bagi mereka.

Film-film tersebut juga menjelaskan tahapan pengobatan yang harus dilalui penderita kanker. Selain itu, karakter monster juga dapat mengatakan berbagai kalimat motivasi seperti “Kamu lebih kuat dari yang kamu tahu.” Dan semacamnya.

3.Mengobati Kecanduan Obat Terlarang

Para peneliti di University of Houston menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) untuk mengeksplorasi metode inovatif dalam pengobatan kecanduan terhadap obat-obatan terlarang.

Ketika orang dengan kecanduan mengikuti program ini, mereka memasang headset virtual reality dan menavigasi melalui berbagai scenario.

Pengguna dibawa ke lingkungan yang imersif berdasarkan lingkungan pengguna narkoba mereka yang khas, seperti rumah atau klub.

Pada dasarnya, teknologi ini merupakan perluasan terapi pemaparan untuk berbagai gangguan psikologis dengan memberikan lingkungan virtual yang sedekat mungkin dengan lingkungan nyata pengguna.

Hal ini dilakukan agar mereka bisa menahan perasaan tidak nyaman yang memicu penggunaan substansi.

Harapannya adalah orang-orang yang menggunakan ini dapat belajar bagaimana memeriksa keinginan dan mengelolanya dengan tepat dalam scenario virtual reaoity yang terkontrol.

Itulah 3 teknologi yang telah digunakan dalam bidang kesehatan. Tentu saja hal ini menunjukkan bahwa teknologi memang bisa membantu manusia dalam untuk hal-hal yang bermanfaat. Bagaimana menurutmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *